Jumat, 18 Desember 2009

HANK HARISSON

Hank Harisson adalah ayah kandung dari “queen of grunge” Courtney Love dan bekas roadienya The Grateful Dead. Mungkin di ranah musik tanah air sangat jarang sekali yang tahu sapa sih Hank Harisson itu. Orang kebanyakan hanya tahu Courtney Love dan band Hole-nya. Namun, dibalik semua kesuksesan C-Love, ternyata sang ayah banyak mengambil bagian penting sepanjang sejarah grunge.
Hank Harisson adalah seorang penulis dan penerbit, dimana ia sangat tertarik dengan Sejarah Abad Pertengahan, Suku-Suku, Arkeologi Neolitik, Rasi Bintang, Ilmu Hitung Astronomi, dan Geometri. Ia mulai menulis pertama kali tentang psikologi manusia dan binatang ketika masih duduk di bangku sekolah menengah atas pada tahun 1962. Ia pula yang mendirikan Arkives Press pada tahun 1967 dan menjadi tamu pada berbagai acara TV dan radio baik nasional maupun internasional.
Hank adalah sumber penting dalam film dokumentari Kurt & Courtney yg kontroversial itu (keluaran British Film karya Nick Broomfield). Ia juga turut serta dalam buku Who Killed kurt Cobain? (1997) karya Max Wallace dan Queen Of Noise (1996) karya Melissa Rossi. Dan ia sendiri pun menulis buku Kurt Cobain : Beyond Nirvana (juga hadir dalam bentuk CD) dimana buku tersebut ditulis olehnya pertama kali bertepatan dengan kelahiran cucunya, Frances Bean pada tahun 1992. Buku tersebut ditulis dengan gaya khas penulis era 1950an, sebagian besar membahas tentang apapun yang berhubungan dengan tragedi bunuh diri Kurt (ketika meneruskan proyek menulisnya tahun 1994 sebab tak pernah kunjung selesai) serta topik mengenai masalah yg di hadapi generasi muda era Cobain. Buku tersebut terbit pertama kali tahun 2000 dan menyumbangkan hasil penjualan buku tersebut kepada United Animal Nations dan berbagai macam asosiasi serupa.
Sang anak gadis kecilnya (baca: Courtney Love) yg telah tumbuh dewasamengklaim dirinya tak pernah memiliki orangtua. Hank pun sangat sadar diri bahwa ketergantungan anaknya terhadap drugs bisa membahayakan sang cucu. Hingga pada beberapa tahun yg lalu, tepatnya 2007, Hank bersama dengan Leland Cobain (kakeknya Kurt) mencoba mengambil Frances dari asuhan Courtney. Ditambah dengan penjelasan dari Hank dan Leland bahwa keduanya belum pernah bertemu Frances selama hampir 14 tahun. Namun, hingga kini gak ada penelusuran lebih lanjut tentang hal itu. Sepanjang hidup seorang Hank Harisson adalah perjuangan mencari kebenaran di berbagai bidang dan sendi-sendi kehidupan. Dia juga sampai saat ini masih membantu Tom Grant (detektif yg pernah di sewa Courtney untuk melacak keberadaan Kurt sebelum ditemukan tewas) melakukan investigasi kematian Kurt Cobain yang penuh misteri. Hank adalah salah satu yg yakin bahwa Kurt dibunuh (untuk informasi mengenai Tom Grant selengkapnya lihat di http://www.justiceforkurt.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar