Jumat, 02 Juli 2010

WAWANCARA FANNY BEATHEAVEN


Beatheaven merupakan band Rock dari Bandung yang dibentuk pada tahun 2005. Awalnya bernama Weenie Beenie digawangi oleh Fanny (Vokal/Gitar), Fery (Bass) dan Cholay (Drum). Sekitar tahun 1992-1993 Fanny dan Ferry sempat membentuk sebuah band, tapi seiring waktu Fanny membentuk band Slum (yang sudah tidak asing lagi bagi para pecinta Grunge Indonesia terutama Bandung) bersama Ucink dan diikuti dengan bergabungnya Cholay. Sedangkan Ferry bergabung dengan Leppis, No Smokang dan Modern Gank. Cholay dulunya pernah bergabung dengan The Wave dan Full of Hate. Berikut adalah wawancara antara Mirantie Boreel (kontributor dari Feed The Noise Back) dan Fanny Beatheaven.

Feed The Noise Back (FTNB) : msh sibuk sama Beatheaven??

Fanny: gak sibuk2 amat sih, cm mixing aja.

FTNB: ada side project yg lain?

Fanny: gak ada, Slum juga hanya sebatas slum ya,dDulu gak sempet kepikiran buat lihat ke arah komunitas

FTNB: jadi berangkat karena ingin bermusik aja ya sebagai sebuah kelompok musik, bukan sebagai tukang nongkrong dll.. Tapi penting gak sebuah komunitas?

Fanny: komunitas penting, tp dulu susah buat nyari ke mana2 nya. Informasi gak seperti skrg kali ya?

FTNB: yep, mungkin di zaman 90an karena medianya jg kurang mendukung, jd banyak anak2 yg lari ke komunitas.. trs awal2nya knp main grunge? knp grunge yg dipilih? gmn prosesnya hingga ingin bermusik dgn konsep grunge..

Fanny: Ketidak sengajaan. Cuma sekedar ingin pentas d acara bazzar SMA sendiri, yg untungnya mendapat respon positif. Saya pribadi suka grunge begitu mendengar lagu lounge act

FTNB: wah, monkey see monkey do..

Fanny: Agak aneh memang, smell like teen spirit rasanya kurang menggugah waktu itu, begitu dgr side B (maklum jaman kaset) d situ baru suka, itu sekitar tahun ‘93an (2 thn pasca nevermind) hehehe...

FTNB: berarti baru tahu hidden track (endless namless) pas gitu jg ya?? Gmn nih pendapat km ttg banyaknya generasi baru grunge akhir2 ini bermunculan dan intens diadakan event2 grunge lg..

Fanny: Hidden track yg saya tau d side B terakhir, kalo volume dikencengin. Kayanya blm pernah ada KC (Kurt Cobain) nyanyi pake biola. Masalah event2 dr Grunge yang bermunculan kembali akhir2 ini, saya bangga dan kecewa, kecewa nya knp jaman saya kami jd anak tiri

FTNB : Maksud dianaktirikan itu gmn, apa krn EO2 dr komunitas grunge kurang menghargai atau masalah fee, regis lg atau gmn nih..

Fanny: Kami blm pernah ketemu ama komunitas grunge, fee kami sangat2 msk akal (gratis-Rp 30.000). Cm alasan yg msk akal bg say agrunge msh terlalu muda untuk di akui dan eksis. Itu saja.

FTNB : pengakuan itu sendiri utk apa? Ada yg bilang beberapa dari musisi kalo main musik itu enjoy aja, bebas aja, gak butuh pelabelan apapun.. Nah pengakuan itu utk apa bagi Fanny sendiri..

Fanny: pengakuan untuk pribadi saya setuju itu tidak penting. Tp untuk genre, sepertinya sangat perlu untuk mendapat slot/porsi dlm satu acara. Khususnya Bandung ya...

FTNB: Kira2 gebrakan apa yg akan diberikan Fanny n Beatheaven thn ini?

Fanny: Saya gak mengharapkan euforia untuk album Beatheaven, cm sekedar punya album n release.

FTNB : msh dgn warna Grunge seperti dulu? atau ada variasi unsur musik yg baru?

Fanny: saya termasuk org yg buta genre, klo grunge sih udah mengakar kayanya. Semua band2 grunge yg saya dengerin selama ini pasti mempengaruhi lagu2 Beatheaven. Di luar grunge saya jg suka punk rock, metal n new age (yg terakhir rada2 nyeleneh dan bertolak belakang, tp saya suka)

FTNB: mainstream atau indie?

Fanny: indie dong...

FTNB: gak kepikiran masuk major?

Fanny: bwah... niat pun gak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar